7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik 2019 (Gratis!)

Aplikasi perekam layar untuk Android (screen recorder) merupakan aplikasi khusus untuk menangkap momen tertentu di layar hp Anda. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk merekam tutorial suatu hal misalnya penggunaan aplikasi, tutorial aplikasi pada layar hp Anda. Selain itu, ada banyak kegunaan lain perekam layar ini untuk keperluan bermain game mobile.

Beberapa hp Android memang sudah dilengkapi dengan screen recorder bawaan hp-nya. Namun, tak jarang pula atau bahkan banyak hp Android yang tidak punya screen recorder bawaan. Nah, kalau Anda tidak memiliki screen recorder bawaan jangan khawatir karena Anda bisa download aplikasi perekam layar terbaik ini di Google Play Store.

Berikut Gagastekno rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik 2019 yang bisa Anda download di Play Store dengan mudah dan gratis.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Terdapat banyak aplikasi yang digunakan untuk merekam layar hp di Google Play Store. Anda bisa mendapatkan aplikasi screen recorder ini secara gratis dan berbayar secara premium. Ada 7 aplikasi terbaik yang bisa Anda coba.

1. DU Recorder – Screen Recorder, Video Editor, Live

aplikasi perekam layar du recorder

DU Recorder jadi salah satu aplikasi screen recorder yang cukup populer lho. Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Kayaknya, pengguna hp Android pemula juga mengenal aplikasi ini. Dengan berbagai fitur yang ada, DU Recorder sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan Anda merekam layar dalam sekali sentuhan tanpa perlu repot melakukan berbagai pengaturan. Tak hanya itu, ada juga fitur editing dalam aplikasi dan live streaming lho.

  • Developer: Screen Recorder & Video Editor
  • OS Minimal: Android 5.0+
  • Ukuran: 11MB

2. Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

aplikasi perekam layar mobizen

Menjadi aplikasi yang diberi penghargaan dari Google tahun 2016 silam, Mobizen Screen Recorder semakin dikenal masyarakat karena kemampuan perekam layarnya. Bahkan, hasil rekaman dari aplikasi ini hingga Full HD 1080 piksel dengan bitrate 12MB per detik dan 60fps.

  • Developer: MOBIZEN
  • OS Minimal: Android 4.4+
  • Ukuran: 20.9MB

3. Screen Recorder With Audio And Editor & Screenshot

aplikasi perekam layar screen recorder with audio editor

Lewat aplikasi besutan Genius ini, Anda bisa membuat hasil perekaman layar yang mumpuni untuk diunggah ke Youtube. Aplikasi ini jadi unggulan bagi Anda yang ingin merekam video tutorial game atau walkthrough. Mengapa? Karena Anda bisa mengedit tidak hanya gambar tapi juga audionya. Tenang, untuk menginstal aplikasi ini Anda tak perlu root hp Anda karena bisa digunakan hampir di semua hp Android dengan berbagai sistem Android minimal 4.4. Selain itu Anda juga tak perlu pusing dengan ukuran aplikasinya karena sangat ringan.

  • Developer: Genius Recorder
  • OS Minimal: Android 4.4+
  • Ukuran: 3MB

4. AZ Screen Recorder – No Root

aplikasi perekam layar az screen recorder

Selain Screen Recorder with Audio and Editor & Screenshot, Anda juga bisa mendokumentasikan walkthrough game dengan AZ Screen Recorder. Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam layar terbaik karena sangat mudah digunakan dan sederhana dalam pengaturannya. Anda tak perlu mengustomisasi macam-macam ketika menggunakan AZ Screen Recorder ini. Perlu root hp? Tentunya tidak dong karena bisa digunakan mulai Android 5.0.

  • Developer: Hecorat
  • OS Minimal: Android 5.0+
  • Ukuran: 17.4MB

5. Aplikasi Perekam Layar Google Play Games

aplikasi perekam layar google play games

Nah, sebelumnya banyak aplikasi dari pengembang ternyata Google juga punya aplikasi perekam layar sendiri lho. Namun, Anda tampaknya hanya bisa merekam layar ketika bermain game untuk membuat walkthrough saja. Mengapa? Karena aplikasi perekamannya lewat Google Play Games. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merekam gameplay permainan di hp Anda dengan resolusi 480 hingga 720 piksel.

  • Developer: Google LLC
  • OS Minimal: Android 4.0+
  • Ukuran: 13.7MB

6. Aplikasi Perekam Layar Screen Recorder

aplikasi perekam layar screen recorder

Lahir melalui pengembang NLL, Screen Recorder bisa dengan mudah Anda pelajari. Anda bisa menghasilkan perekaman layar mumpuni dengan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini hanya bersahabat dengan Anda yang memiliki Android 5.0 ke atas. Untuk Anda yang memiliki Android di bawah itu sepertinya harus root hp terlebih dahulu. Aplikasi ini menawarkan sederet kemudahan dalam pengaturan dan pengeditan hasil rekaman layar.

  • Developer: NLL
  • OS Minimal: Android 5.0+
  • Ukuran: 4.5MB

7. Super Screen Recorder – No Root

aplikasi perekam layar super screen recorder

Sesuai dengan nama dari aplikasi ini, Super Screen Recorder punya segudang fitur yang menarik untuk merekam layar Anda. Paling memukau adalah Anda bisa screen record tanpa batasan waktu lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena akan merekam dengan durasi yang cukup panjang. Karena dengan Super Screen Recorder hal itu bisa terwujud. Nah, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur lain yang tak kalah hebat yakni Anda bisa membuat animasi GIF lho. Ada juga opsi menambah watermark agar video buatan Anda tidak diakui oleh orang lain.

  • Developer: HappyBees
  • OS Minimal: Android 5.0+
  • Ukuran: 22MB

Kesimpulan: Apa Aplikasi Perekam Layar Terbaik?

Sebagai manusia yang sudah tak bisa jauh dari perkembangan zaman, aplikasi perekam layar sangat dibutuhkan bagi Anda terutama para gamer yang ingin mengerjakan walkthrough. Tentunya untuk menghasilkan video yang bagus, diperlukan screen recorder yang mumpuni. Nah, ketujuh aplikasi perekam layar di atas adalah yang terbaik dan bisa Anda jadikan pilihan sesuai spesifikasi minimal yang cocok untuk hp Android Anda.

Leave a Comment