Review Xiaomi Mi Band 3 (Smartwatch Murah Terbaik)

Review Xiaomi Mi Band 3 – Mi Band 3 merupakan sebuah activity tracker berbentuk smartwatch atau jika diartikan secara harfiah adalah pemantau aktivitas. Dengan kata lain, alat ini memiliki kemampuan untuk dapat memonitor statistik dari aktivitas Anda. Mi Band 3 juga merupakan salah satu perangkat activity tracker yang paling murah yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

Nah, meskipun perangkat ini memang hadir dengan harga yang sangat terjangkau, namun Anda tak perlu khawatir karena Mi Band 3 memiliki lebih banyak fitur baru dibandingkan model pendahulunya. Fitur tersebut meliputi waterproof, layar yang lebih besar, dan desain yang baru.

Review Xiaomi Mi Band 3: Desain dan Layar

Review Xiaomi Mi Band 3

Desain keseluruhan dari Mi Band 3 mungkin memang tidak tampak istimewa, alias sangat sederhana. Akan tetapi alat ini tetap memiliki tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Mi Band 3 memiliki bobot yang ringan hanya 20 gram saja yang artinya Anda tidak akan merasakan beban yang berat di pergelangan tangan seperti ketika menggunakan jam tangan biasa. Dimensi dari alat ini juga sangat ringkas yakni 17,9 x 46,8 x 12 mm. Anda mungkin tidak akan merasakan apa-apa di pergelangan tangan ketika menggunakannya.

Dibandingkan dengan Mi Band 2, ukuran layar dari Mi Band 3 ini sedikit lebih besar. Layar tersebut menggunakan panel OLED berukuran 0,78 inci yang memanjang. Layar tersebut juga merespon sentuhan atau touchscreen sehingga Anda dapat mengoperasikannya menggunakan jari untuk melihat semua menu yang tersedia.

Selain itu terdapat pula sebuah tombol sentuh yang terletak di bagian bawah layar di mana Anda dapat menahannya untuk mengaktifkan sejumlah fitur, atau menekannya untuk “back”. Tombol sentuh tersebut sangat responsif dan mudah dioperasikan.

Lebih kerennya lagi, Anda tak harus melepas Mi Band 3 ini ketika berenang atau mandi karena desainnya yang telah mendukung fitur waterproof hingga 50 meter. Fitur seperti ini mungkin akan sulit Anda temukan di alat lain dengan harga sekelasnya.

Tali pengikat dari Mi Band 3 ini terbuat dari bahan silikon dan sangat nyaman digunakan di tangan bahkan sepanjang hari, bahkan ketika Anda sedang berpeluh keringat.

Review Xiaomi Mi Band 3: Performa Monitor Aktivitas

Review Xiaomi Mi Band 3

Sebagai sebuah activity tracker, Mi Band 3 memiliki banyak kemampuan yang sangat bermanfaat bagi Anda. Alat ini dapat memonitor jumlah kalori, jumlah langkah, denyut jantung, dan kualitas tidur. Sensor yang memonitor denyut jantung juga dapat mengerjakan tugasnya dengan cukup konsisten dan akurat. Anda juga bisa menentukan sendiri seberapa sering sensor tersebut mengecek denyut jantung melalui aplikasi. Dengan begitu Anda dapat melengkapi data tanpa menguras baterainya.

Nah untuk aktivitas, Mi Band sayangnya hanya bisa memonitor empat jenis aktivitas saja yang antara lain adalah berlari, berlari di treadmill, berjalan, dan bersepeda. Mi Band 3 belum bisa mengukur denyut jantung Anda ketika sedang berlatih mengangkat beban, berenang, atau menjalani jenis olahraga lainnya.

Namun tetap saja dengan harga yang ditawarkannya, Anda sudah mendapat beragam fitur mendasar yang sangat fungsional. Anda dapat melihat data mengenai denyut jantung, langkah, dan informasi lainnya dengan sajian grafik yang nyaman dibaca.

Review Xiaomi Mi Band 3: Kinerja Baterai

Review Xiaomi Mi Band 3

Mi Band 3 ditenagai oleh baterai berkapasitas 110 mAh yang memiliki daya tahan mengesankan. Alat ini bisa digunakan hingga lebih dari dua minggu sebelum Anda harus mengisi ulang dayanya.

Xiaomi sendiri mengatakan bahwa baterai dari Mi Band 3 ini bisa bertahan hingga 20 hari pada mode standby. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir karena tidak diharuskan untuk mengisi ulang dayanya setiap malam sebelum tidur.

Kemampuan pengisian ulangnya pun terbilang bagus. Dari kapasitas baterai yang tersisa 50%, alat ini terisi hingga penuh hanya dalam setengah jam saja. Dengan begitu Anda tak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi dayanya. Perlu diketahui juga bahwa charger perangkat ini juga cukup unik dan berbeda. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan sampai kehilangan charger tersebut karena Anda tidak dapat menggunakan charger dari perangkat lain.

Review Xiaomi Mi Band 3: Kesimpulan

Untuk ukuran harga sekitar Rp370.000,-, perangkat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang hanya menginginkan statistik mendasar seperti jumlah langkah dan denyut jantung. Jika Anda ingin bisa memonitor hal lain, maka Anda sebaiknya mencari perangkat yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Akan tetapi tidak ada salahnya dengan mengetahui statistik dasar tersebut di mana Anda juga dapat mengetahui kualitas dari tidur malam Anda. Dengan harga yang ditawarkannya Anda sudah bisa mendapatkan fitur yang cukup menjanjikan.

Leave a Comment