Cara Memasang WiFi di Rumah (Ternyata Gampang!)

Di era yang semakin modern ini, Anda sudah tidak harus duduk di depan komputer rumah untuk bisa mengakses internet. Kini sudah ada alat yang bisa memancarkan koneksi internet secara nirkabel atau yang biasa disebut WiFi. Dengan adanya WiFi di rumah, Anda bisa mengakses internet hampir dari semua ruangan tanpa harus tersambung melalui kabel. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara memasang WiFi di rumah? Tutorial berikut ini akan membantu Anda untuk bisa menikmati kemudahan akses internet.

Cara Memasang WiFi di Rumah: Mengapa Perlu WiFi?

Cara Memasang WiFi di Rumah

Apabila Anda memiliki sejumlah perangkat berbeda seperti komputer, laptop, smartphone, dan lain sebagainya yang membutuhkan akses internet, menggunakan WiFi di rumah adalah opsi yang sangat bagus bagi Anda. Karena Anda tak perlu lagi berurusan dengan kabel dan bergantian menggunakan internet yang hanya terbatas untuk satu port saja. Pada dasarnya, WiFi memungkinkan Anda untuk dapat mengakses koneksi internet dari sejumlah perangkat berbeda di saat yang bersamaan?

Cara Memasang WiFi di Rumah: Memilih Router yang Tepat

Cara Memasang WiFi di Rumah

Jantung dari koneksi internet wireless di rumah adalah sebuah perangkat yang disebut router. Ketika akan membeli sebuah router, Anda akan disajikan dengan pilihan yang sangat beragam, dan Anda akan menentukan pilihan router sesuai dengan kebutuhan. Setiap model router menawarkan spesifikasi yang berbeda dan beberapa pertimbangan yang bisa Anda buat adalah kebutuhan jarak, interferensi, kecepatan transfer, dan tingkat keamanan.

  • Salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih router adalah jangkauan jarak yang bisa dicapai dari router ke perangkat komputer yang digunakan. Pada umumnya, semakin mahal harga router maka akan semakin banyak antena yang dimilikinya sehingga koneksi yang dihadirkan pun akan semakin stabil dan dengan jangkauan yang semakin jauh.
  • Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketahanan sinyal router. Apabila Anda memiliki perangkat yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz seperti microwave, maka besar kemungkinannya perangkat tersebut akan mengganggu jalannya sinyal dari router. Beberapa model router terbaru menghadirkan opsi untuk bisa memilih frekuensi 5 GHz agar bisa menghindari kepadatan lalu lintas pada frekuensi 2,4 GHz sehingga kemungkinan terganggu menjadi lebih kecil. Namun kekurangan dari frekuensi 5 GHz adalah jangkauan sinyalnya yang tidak bisa sejauh frekuensi 2,4 GHz.
  • Kecepatan transfer juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Model router keluaran terbaru mampu menyajikan kecepatan transfer yang mencapai 450 Mbps. Namun perlu diketahui bahwa kecepatan internet maksimal masih saja tergantung pada provider internet yang Anda gunakan. Selain itu kecepatan internet juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain seperti gangguan sinyal dari perangkat lain.
  • Terakhir dan tak kalah penting adalah fitur keamanan yang dimiliki oleh router. Enkripsi wireless terbaru seharusnya sudah mendukung WPA2 sebagai standar keamanannya. Sistem enkripsi pada model router yang lama dengan kunci WEP dapat diretas dengan sangat mudah.

Cara Memasang WiFi di Rumah: Menghubungkan Router ke Modem

Cara Memasang WiFi di Rumah

Ketika Anda sudah membeli sebuah router, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan router tersebut ke modem. Jika provider internet yang Anda gunakan sudah memasang modem dengan layanan internet yang sudah aktif di rumah, maka proses ini akan sangat mudah. Anda hanya perlu menyambungkan modem melalui kabel ethernet yang dicolokkan pada port di bagian belakang router. Lalu yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan router.

Jangan lupa untuk memasang password WiFi agar tidak ada pihak yang tak diinginkan untuk menggunakan internet di rumah. Setelah itu Anda bisa memeriksa koneksi internet menggunakan laptop atau smartphone dari ruang yang sering Anda tempati. Jika sinyal dirasa kurang kuat di ruang tersebut, maka Anda bisa menempatkan router ke ruang yang lebih terbuka. Selamat menikmati koneksi WiFi di rumah.

Leave a Comment