5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Yang Mudah

Cara Mengatasi WiFi Limited – Internet sudah menjadi kebutuhan orang banyak. Semua kegiatan kini membutuhkan internet. Dari bekerja hingga bermain game, Internet begitu memiliki kegunaan yang sangat signifikan bagi kebutuhan orang banyak. Dulu sewaktu teknologi internet di Indonesia masih belum semutakhir sekarang, menggunakan internet masih harus disambung ke jaringan telepon. Dengan menggunakan metode ini, tarif menggunakan internet pun jauh lebih mahal. Lalu setelah menggunakan internet dengan cara tersebut, beberapa tahun kemudian, di Indonesia muncul provider atau penyedia jasa layanan menggunakan internet ini. Telkom, perusahaan telekomunikasi milik negara pun ikut ambil andil dengan menyedia layanan jasa penggunaan internet yang dinamakan Speedy.

5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Yang Mudah

Semakin berkembang, teknologi penggunaan internet pun semakin canggih. Ketika lebih dari satu dekade lalu kita masih menggunakan modem yang harus tersambung dengan kabel, sekarang pengguna tidak harus menghubungkan perangkatnya dengan kabel. Modem yang digunakan adalah modem WiFi. Anda dapat menggunakan internet pada beberapa perangkat tanpa harus membagikan jaringan. Selain itu, sinyal WiFi kini dapat ditemukan di banyak cafe di Indonesia.

Namun, ketika menggunakan WiFi ada satu masalah yakni akses yang terbatas. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir, pada artikel ini kami akan membahas cara mengatasi WiFi limited access agar Anda masih bisa berselancar di dunia internet dengan nyaman. Sebelum kami membahas cara mengatasi WiFi limited access, kami akan menjelaskan penyebab limited access pada WiFi.

Cara Mengatasi WiFi Limited Access (Penyebab Limited Access)

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi wifi limited access, sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab mengapa akses WiFi Anda terbatas. Faktor-faktor penyebab limited access diantaranya adalah:

1. Tidak mendapatkan IP secara otomatis karena hotspot yang disediakan sudah dipakai perangkat Anda.
2. Wireless network yang sudah tidak update.
3. Hostpot tidak menggunakan DHCP atau IP secara otomatis.
4. Komputer tidak menemukan server dalam jaringan.
5. Router atau server yang tidak terhubung dengan internet.
6. DNS clinet, Wlan Auto Config, dan DHCP client pada service tidak berjalan.
7. Access Point belum terkonfigurasi.
8. Ketika melakukan troubleshoot terjadi IP, DNS, dan wireless network adapator yang silang.

5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda tentunya ingin memperbaikinya secepat mungkin. Pada sub-bab ini kami akan memberitahu Anda cara mengatasi WiFi limited access. Mengatasinya tidak sulit, dan Anda tidak perlu bingung. Mari ikuti.

1. Restart Komputer

Cara mengatasi WiFi limited ini sangat mudah. Namun, Anda harus memperhatikan dulu apakah masalah pada jaringan WiFi ini berasal dari server atau dari komputer. Jika masalahnya bukan dari server, kemungkinan besar masalah datang dari komputer Anda. Hal ini kemungkinan karena komputer yang Anda gunakan sudah terlalu berat. Jika tidak, kemungkinan juga konfigurasi network yang salah dapat menjadi masalah mengapa akses wifi Anda limited. Ketika mengalami masalah ini, coba Anda merestart komputer atau laptop Anda dan menghubungkan ke sinyal WiFi yang sebelumnya Anda gunakan.

2. Merestart Router

Cara mengatasi wifi limited access lainnya adalah dengan mematikan router ketika komputer Anda tidak bermasalah. Matikan router dan diamkan selama beberapa menit dan nyalakan kembali karena router membutuhkan waktu beberapa menit untuk dapat bekerja dengan benar.

5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Yang Mudah

3. Hentikan Bonjour Service

Bonjour merupakan salah satu layanan yang seringkali menjadi alasan mengapa koneksi Anda mengalami masalah. Untuk menghentikan layanan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk kem menu Start > Accesories > Run
2. Selanjutnya, ketik services.msc, cari Bonjour Service, lalu klik.
3. Pilih Stop pada layanan tersebut, dan set Disable dan klik OK.

5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Yang Mudah

4. Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft beberapa tahun lalu. Tentu saja walaupun Windows ini lebih seimbang daripada seri sebelumnya, tidak terhindar dari beberapa masalah termasuk masalah ini. Ini adalah langkah-langkah cara mengatasi WiFi limited access pada Windows 10.

1. Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > System
2. Pilih Device Manager yang ada di toolbar sebelah kiri.
3. Selanjutnya pillih Network Adapters dan pilih koneksi WiFi yang sesuai dengan nama WiFi yang Anda gunakan.
4. Klik kanan pada WiFi tersebut, dan klik Update Driver Software.
5. Pilih menu dengan tulisan Browse my computer for driver software.
6. Pilih Let me pick from a list of device drivers on my computer.
7. Klik Browse > Have Disk.

5. Ubah IP Address

Untuk mengatasi limited access pada jaringan WiFI Anda, Anda dapat mengubah IP addressnya. Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah ini:

1. Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center.
2. Pilih menu Connections yang terdapat tulisan Wireless Network Connecton dengan nama WiFi yang Anda gunakan.
3. Klik nama WiFi yang Anda gunakan.
4. Klik Properties.
5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/lpv4)
6. Klik Properties dan isi alamat IP sesuai dengan IP yang diberikan oleh provider.
7. Klik OK.

5 Cara Mengatasi WiFi Limited Access Yang Mudah

Demikian artikel kali ini tentang cara mengatasi WiFi limited access yang mudah-mudahan bermanfaat. JIka Anda penasaran silakan dicoba.

Leave a Comment